Sunday, September 20, 2009

KOREK MESIN MOTORNYA LELAKI

Honda Mega Pro

Megi Pro... kikikiki...

Alhamdulillah…

Akhir-akhir ini semakin banyak yang nyasar ke desa Tropodo Indah, Sidoarjo. Dengan niat tulus dan tekad baja mereka berangkat dari seluruh penjuru negeri, halah.. intro nya lak mesti lebay hehe… Ini adalah salah satu sharing tentang modifikasi motor Megapro kami, dari sekian banyak mengapa kisah ini yang kami angkat, karena selain modifikasinya komplit tidak hanya setengah-setengah, juga kemarin juga dia tidak lupa membawakan rokok buat kita-kita, apalagi janji juga mau mengenalkan ke Julia Perez… glek! J

Suatu siang, sepulang saya dari membayar tagihan Listrik, Telepon dan Air, panas terik udara siang terasa menyengat di kulit dan mengucurkan keringat… Tetap kukayuh sepeda onthelku dengan semangat, semua pengorbanan dan kesederhanaan ini hanya kupersembahkan demi semua brother agar bisa menciptakan modifikasi mesin yang tetap murah meriah kencang. Heheheh.. sebenernya gara-gara Vespa nya lagi di bengkel cat buat modifikasi jiakakkakak ^_^

Begitu tiba di bengkel, masukin sepeda ke dalam rumah. Eh.. ndak taunya sudah ditungguin Koko-koko kueren abis, ki ra salah dolan po… kok style nya kayak seorang event organizer. Jadi inget juga waktu habis pulang nganterin UMI eh… sudah ditunggu gang motor dari Kediri. Sayangnya gak bawa oleh-oleh, gak masuk blas… ke mbah dukun kok ndak bawa sesajen. Wkwkkwkwkw… Lanjut, masih kemringet habis mancal-mancal malah langsung diajak diskusi tentang motornya, mau dipasrahkan untuk di Gang Bang oleh RAT. Wah, langsung semangat, melek, seger, ehmm… tak siapin jurus2 merayu ku dulu wkwkkwkw…

Dia menginginkan Stage 1 komplit untuk motornya, jadi saya jelaskan yang pasti nanti turun mesin untuk melakukan cylinder head n block overhauling. Pengerjaan modifikasinya adalah port and polished pada lubang pemasukan dan pengeluaran sisa pembakaran, dan jangan ketinggalan noken as sakti by RAT. Apapun modifikasinya, noken as nya tetep R.A.T!

Koko A. bertanya nanti jetting2nya dinaikkan gak bro, dan dengan tenang saya mengeluarkan Gunson Colortune milik bengkel dan berkata : Permintaan mesin nanti kita lihat apa kata busi transparan saja, kita carikan settingan terbaik hingga nyala api di ruang bakar sebiru kompor gas, maka sudah cukup itulah permintaan optimal dan efisien mesin. Lebih bagus bila perbandingannya 13 : 1, sedikit lebih basah, supaya mesin tetap adem setelah modifikasi dan digeber-geber sepanjang hari.

Ok, setelah ngobrol-ngobrol dan terkena es teh manis ala R.A.T, mahasiswa universitas petra Surabaya ini setuju untuk menyerahkan kunci motor, Stnk, dan waktu saya tanya BPKB, ngguyu tok areke.. wkwkwkkw…

Akhirnya saya pribadi mengantarkan Koko A. pulang, karena ternyata rumahnya deket. Dia cerita kalau pernah nyoba cari bengkel di surabaya hingga malang, ternyata cocoknya setelah tersesat di Desa RAT wkwkwk… di jalan doi terus cerita-cerita bahwa dia kalau bawa motor karakternya Keras, hobby ngegeber mesin ampe red line, aku mbatin : gimana kalau anak ini tak daulat jadi joki drag wae yo… wkkwkw… Pokoknya minta karakter mesin yang lincah dan sexy untuk meliuk-liuk di tengah kemacetan kota. Ok, boss…!!

Langsung proses operasi dimulai. Deng.. Deng… Tereng..

Huppp,, mrotoli mesin dan seperti biasa, sudah nggak kaget… mesinnya nggilani.. wueekkk…

Kop Megi yang nggilani

Kop Megi yang nggilani

Akhirnya yunus beraksi menjadi cleaning service… penting untuk membersihkan kerak2 mesin di ruang bakar selain untuk inspeksi maupun untuk mengembalikan kemampuan mesin, diukur dengan burrete dan nantinya dikepras silinder kop nya.

Kinclong...

Kinclong...

Nah, setelah bersih, baru kita lanjut ke tahap berikutnya apa anak2… Betul Porting. Sieeppp… berapa kapasitas megapro anak2… : 1600 cc pak, itu ada tulisan di bodynya!! Waduh, sapa itu yang jawab! Maju berdiri di depan kelas.. Stroke cuma 49.5mm dan piston 63.5mm ya kapasitas silinder itu volumenya 156 cc aja. Kamu salah mengukur detail cc nanti keliru lagi desain porting… wkwkkwkw..

Untungnya cuma stage 1, jadi pembesaran porting sebanyak 1mm sudah mumpuni lah… apalagi kalau sebelumnya kontur portingnya welek gini. :) Tugas kita cukup menyempurnakan, bukan re-shaping (membentuk ulang) seperti motor balap, ndak perlu itu. Untuk stage 1 yang penting geometri porting menjadi sempurna untuk mengalirkan flow. Beberapa bagian saja yang perlu dibenahin dan diberi perhatian lebih, itu semua berkat buku baru porting wkkwkwkwk…

Porting Nggilani...

Porting Nggilani...

Setelah diamat-amati, oh.. ini to yang namanya offset port. Hmmm… baru tahu setelah diberi contoh oleh teman dari jogja, dalam sebuah perbincangan tentang offset port yang bagus untuk menghasilkan Swirl. Wkekekekek… Alah tancep ae langsung bor tuner nya. Dan akhirnya porting inlet selesai disulap menjadi sangat istimewa, oiya… salah satu tips untuk melakukan porting, sebaiknya waktu yang ideal adalah malam hari untuk finishing porting, dengan lampu sorot dan ruangan gelap. Kamu akan tahu mana titik mati porting, dan area-area yang tampaknya bisa dilakukan penyempurnaan. Kayanya mengkilap, tapi diraba agak kasar. Remember…!! ROUGH IS GOOD.

Porting Istimewa By R.A.T

Porting Head By R.A.T

Untuk porting exhaust seperti biasanya.. tak demek2… kok jemek.. halah.. Ternyata ini dipenuhin arang sisa gas buang. Hmmm gampang aja, tinggal liat nih fotonya before and after. Gimana caranya nih porting mampu mengalirkan udara sisa gas buang dengan cepat dan tidak terhambat. Kalau kebesaran bener loss… tapi nanti lambat, takutnya kesedot lagi. Kalau kekecilan takutnya menabrak sana-sini dan terlalu sesak. Akhirnya nyantol. Oleh sebab itu mbah Graham Bell menyarankan pokoknya porting ex dibuat 100 % dari diameter klep ex, selesai acara!

Porting Standard

Porting Standard

Look at this R.A.T Motorsport Porting Job

Look at this R.A.T Motorsport Porting Job

Sekarang, tangan mas wawan berpindah ke mesin gerinda camshaft. Mati kon… inilah saatnya memperkenalkan new technique dari R.A.T dalam menggrinding camshaft, dengan alat Cam Gak Pro, kita dial noken as, dimana posisi membuka 0.15mm itu berapa derajat, 1mm berapa derajat, lobe lifter, puncak LC dimana. Wah manteb deh, pokoknya meski katrok2… sekarang kalau mau order buka tutup berapa derajat monggo… apalagi ditemani oleh tabel timing noken as dan LSA dari Gandoz Tepepa disamping alat bubut cam… hmmm… sedep2. Noken as street : Suara mesin halus, suara knalpot bergenderang, lari kaya dijambak-jambak setan!!! Hekekekke mengutip pernyataan teman, bos bengkel Pandawa Motor Jakarta, tentang motor tigernya yang kuenceng.

Tinggalkan cara mengukur dengan sigmat, Dialing cam by R.A.T

Tinggalkan cara mengukur dengan sigmat, Dialing cam by R.A.T

Proses Grinding dengan santai...

Proses Grinding dengan santai...

Ini videonya waktu pemanasan pembentukan lifter camshaft… Video Memapas Lifter Noken As by R.A.T
eh… lagi enak-enak membentuk lift ditelf pacar… wkwkwkw… lagi sibuk lagi sibuk. Kalau saat membentuk durasi masih rahasia ya boss, cuma untuk sponsor and partner yang bisa berbagi :)

Taraaa… jadilah sebuah camshaft untuk street riding. Alias noken as buat tarikan kota-kota… nanti yang buat grass track beda, buat naik gunung beda, buat turing beda… Enak to, manteb to… masak noken as racing kok sama semua se-Indonesia, orang suku dan budaya aja beragam, apalagi modifikasi mesin juga beragam. Tinggal katakan motor apa, berapa stroke nya, klep in dan exhaustnya brapa, dan aplikasi untuk apa, kemudian angkat telp sms ke : 085645577007. Kami akan buatkan sesuai keinginan kalian. Murah, meriah, kencang… :)

Noken As Street Racing Honda Megapro

Noken As Street Racing Honda Megapro

Selesai sudah pekerjaan kami… lho mas.. belum rasio kompresinya gimana? oiya… lali. Ini durasi noken as 285 derajat, lift dipangkas 0.8mm maka enaknya rasio kompresi yang pas adalah 10.5 : 1 angka itu didapat dari memapas cylinder head dan mengcustom ulang piston.

Hmmm… rasanya kurang lengkap jika modifikasi berhenti sampai disini. Upgrade pada area penerus daya menjadi fokus kami selanjutnya, judder spring dicopot dan diganti kampas penuh. Apa itu judder spring? Hehehhe… kalian pada ga tahu? Sama dong seperti waktu saya dulu belajar di HMTC Surabaya di test oleh kepala instruktur nya untuk kelulusan motor Megapro, apa fungsi Judder Spring langsung gelagapan… heheheh… ketara waktu bongkar-bongar motor cuma asal dibongkar pasang wkwkkw… bengal! Akhirnya waktu itu nanya yunus, dan sekarang pun kita bergabung satu tim di RAT Family, Bengkel kekeluargaan dan persaudaraan :D

Customize Piston By R.A.T

Customize Piston By R.A.T

Pengapian baru megapro ini disokong oleh CDI dari motor bebek, Suzuki Shogun Kebo 110. Selain unlimiter, pemasangan yang mudah tinggal colok dan plek. Upgrade sistem pembuangan dibantu dengan penyalur dari merk aftermarket dengan silincer tabung model Triovale kereennn… suaranya brum brum brumm.. whroooaamm!!!

Sip… setelah kopling tidak selip menempa daya besar dari modifikasi yang baru. Kok kita merasa masih ada yang kurang… Hmm.. setel ulang jetting, oalah pilot jet nya masih kekecilan ini kok pakai angka 38, akhirnya kita naikkan dua step. Geber habiss… Yeahhh..

Setelah selesai tes, akhirnya kita SMS koko A. untuk mengmbil motornya. Sayang saya tidak bertemu di akhir acara, karena ada urusan di bengkel mobil, tapi senang juga menerima sms dari Koko A :

” Bro… I Just took My Motorcycle, I Think I Like it. Hehe.. Keras. Apalagi di putaran atas ngga ada habisnya… Masio 11.000 RPM :p Thx y bro, jangan lupa di approve Facebook nya. Hehe…”

Tetap Sehat, Tetap Semangat Supaya bisa modifikasi Mesin tiap hari.

R.A.T MOTORSPORT INDONESIA

Address : Trpopodo Indah Blok N. 26-28

Waru – Sidoarjo , East Java

contact us : 085645577007

mail us : dragswega201@yahoo.com

be our friend @ facebook : SWEGA RAT