Thursday, January 7, 2010

Generasi Teranyar Kawasaki Z 1000 Diluncurkan Awal 2010

Jakarta, 21 Desember 2009 - Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki Motor, saat ini telah merampungkan penyempurnaan varian sport produknya, Kawasaki Z1000. Bahkan pabrikan ini siap meluncurkan generasi ketiga Z1000 itu pada paruh pertama 2010 mendatang.

Kawasaki Z1000 Itulah kabar dari sumber di Kawasaki seperti dikutip sportbike. Motor beraliran sportbike itu akan mengalami perubahan yang cukup siginifikan dibanding generasi sebelumnya. Seperti diketahui, motor ini pertama kali diluncurkan pada 2003, kemudian pada 2007 lalu mengalami penyempurnaan.

“Kini perbaikan total dilakukan mulai dari mesin, kaki-kaki, hingga aksesoris yang bersifat kosmetik. Tetapi kesan agresif masih dipertahankan,” ujar sumber di pabrikan itu.

Disebutkan, bila sebelumnya sasis rangka menggunakan bahan dari baja, kini generasi teranyar motor itu akan menggunakan sasis rangka dari bahan alumunium. “Sehingga lebih ringan namun tetap kuat,” kata sumber itu.

Perubahan yang mencolok lainnya adalah pada bagian dapur pacunya. Kapasitas ruang bakar motor ini ditingkatkan dari 953cc menjadi 1.043cc. Mesin DOHC segaris empat silinder 16 Valves, dan berpendingin mesin. Mesin sebesar itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 101,5 KW pada torsi 9.600 rpm.

Sedangkan pada kaki-kaki motor dengan transmisi enam kecepatan itu kesan kekar begitu kental. Suspensi depan menggunakan Showa 41milimeter inverted fork. Kelebihan sistem suspensi ini adalah, sifatnya yang bisa disetel sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengendara.

Sedangkan di bagian belakang, dipasang monoshock hidrolis. Sifat shock absorber ini adalah kelenturan dan kemampuannya dalam meredam getaran ketika melibas track berbatu atau berlubang.

Tampilan baru lainnya nampak pada velg. Generasi Z 1000 terbaru itu bakal menggunakan velg teranyar palang lima dengan warna silver hitam dengan ukuran berukuran 3,5 x 17 inci untuk bagian depan. Sementara. Di bagian belakang digunakan velg ukuran 5,0 x 17 inci, sehingga aura sebuah motor sport begitu kuat terlihat.

Hanya memang, untuk sistem pengereman tak mengalami perubahan total. Kawasaki masih menggunakan piranti yang disematkan pada generasi sebelumnya dan memodifikasinya. Meski demikian, Kawasaki menjamin sistem itu sangat bisa diandalkan.

Pada bagian depan, menggunakan cakram model petal berdiameter 300 milimeter(mm) dengan master rem Tokico empat piston. Sedangkan di bagian belakang cakram model yang sama dengan diameter 250 mm dengan satu piston kaliper. Perangkat lain dari generasi terdahulu yang masih dipertahankan dan hanya mendapat sedikit sentuhan adalah knalpot masih seperti generasi 2007.

Namun hingga kini belum ada bocoran, berapa motor ini akan dibanderol dan dipasarkan dimana saja. Apakah akan masuk ke pasar Indonesia?